Jumat, 09 Oktober 2009

TULISAN DESKRIPTIF 2_PERILAKU KONSUMEN


Tulisan Deskriptif 2

Franciska M.T

1020748

3 EA 01


Pasar Segar , sasaran empuk sang developer

Pasar segar adalah pasar yang saat ini sedang dalam proses pembengunan, terletak di daerah Depok II , tepatnya di Jln.Tole Iskandar, atau yang familiar untuk orang depok disebut “seberang Jln.Siliwangi”. “Pasar Segar, Pertama Di Kota Depok”, merupakan salah satu kalimat dalam banner yang terpampang di sekitar kota depok, dan anda bisa lihat banner tersebut di Jln.Margonda dan sekitarmya. Developer atau tim pemasar ini sangat jeli melihat segmentasi pasar yang potensial di kota depok.

Dari segi segmentasi geografis : Lokasi yang strategis, kepadatan penduduk kota depok merupakan dua alasan yang kuat untuk developer membuat pasar segar. Lokasi yang strategis bisa terlihat dari dua arah akses jalan yang melintas di daerah pasar segar tersebut. Dengan kata lain, angkutan umum yang bisa lalu lalang, selain menjadi daya tarik juga menjadi nilai plus yang bisa dilihat dari segi konsumen. Dan untuk kepadatan penduduk, tidak perlu diragukan, depok merupakan kota kecil yang padat penduduk, ini bisa dibuktikan oleh saya sendiri, dulu saat saya pindah tahun 2000 ke depok, hanya ada sekitar 3 pusat perbelanjaan di sekitar jalan margonda. Sekarang tahun 2009, lebih dari lima pusat perbelanjaan yang ada di sentral kota depok, di jalan margonda raya. Ini juga yang menjadi nilai plus yang bisa dilihat developer. Selain dari itu, dari segi psikologis yaitu motivasi dan persepsi. Dua hal ini juga menjadi nilai plus yang harus dilihat jeli oleh developer. Motivasi developer(produsen) yang ingin membuat pasar yang tidak biasa dengan pasar traditional pada umumnya, yaitu pasar yang tidak becek dan bau atau dengan kata lain pasar tersebut berstandar pusat perbelanjaan seperti di mall-mall. Persepsi konsumen yang menganggap berbelanja di pasar traditional merupakan hal yang tidak nyaman, maka pasar segar bisa menjawab persepsi konsumen tersebut.

Segmentasi pasar lainnya yaitu , dari segi psikografis, yaitu gaya hidup. Gaya hidup modern orang depok, ini bisa dilihat dari banyaknya perumahan elite baik yang berbentuk cluster maupun tidak. Faktanya yaitu satu rumah elite saja bisa mengeluarkan konsumsi berapa rupiah per harinya. Konsumsi berlebihan sudah menjadi ciri khas untuk orang-orang kalangan elite. Ini juga yang memicu developer untuk membuat fasilitas modern, seperti pasar segar tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kota depok yang sangat padat.

Selain segmentasi-segementasi pasar yang sudah disebut di atas, banyak fakta-fakta lain yang bisa jadi acuan. Banyaknya penjual makanan mulai dari warung sederhana yang berjejer di jalan, kafe-kafe yang ada di sekitar perumahan elite, sampai ke restauran-restauran baik yang ada di pusat perbelanjaan ataupun yang ada di hotel-hotel kota depok, bisa jadi kunci perkembangan kota depok yang lgi-lagi bisa jadi lirikan developer untuk membuat fasilitas modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar