Minggu, 15 November 2009

Analisis Jurnal 3

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT :
MEMBANGUN PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN
MELALUI APLIKASI DATA MINING
DALAM MENINGKATKAN NILAI PELANGGAN
Teddy Oswari, Miftah Andriansyah, C.Dewi Wulandari
Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya No.100 Depok

*Masalah dan Latar Belakang
- Bagaimana pelaku bisnis dan pemilik perusahaan dalam menerapkan aplikasi data mining yang mampu menguraikan permasalahan dan membantu menganalisis database pemasaran?
- Bagaimana membangun manajemen hubungan dengan pelanggan dalam menciptakan nilai?

*Tujuan penelitian
- untuk membangun model yang dapat meramalkan perilaku pelanggan
- untuk memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam menciptakan kepuasan pelanggan dan pelaku bisnis lainnya

*Metadologi penelitian
-Metadologi dalam penelitian menggunakan istilah pola dan model.Pola dapat diartikan sebagai instansi dari model
-Pendekatan matematis yang digunakan dalam pencocokan model ada dua yaitu statistik dan logic.
-Yang lebih banyak digunakan adalah pendekatan statistik, mengingat ketidakpastian yang ada dalam proses pembangkitan data di dunia nyata.Kebanyakan metode data mining didasarkan pada konsep mesin, belajar, pengenalan atau pencocokan pola dari statistik(klassifikasi, pengelompokkan, pemodelan grafis, dan regresi)

*Kesimpulan
- Data mining yang hadir sebagai teknologi untuk memanfaatkan ketersediaan data bisnis yang melimpah, telah membantu para pelaku bisnis untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka.
- Data mining harus terus dapat bekerja berdampingan dengan bidang lain di dunia teknologi informasi yang berkembang dengan sangat cepat sehingga penyempurnaan masih terus diperlukan dengan terbukanya peluang riset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar